Senin, 30 April 2012

J-pop

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bendera Jepang J-pop
Sumber aliran rock and roll, rock, musik pop
Sumber kebudayaan awal 1990-an di Jepang
Alat musik yang biasa digunakan gitar, gitar bas, drum, synthesizer
Popularitas arus utama populer di Jepang sejak 1990-an
J-pop atau J-Pop (singkatan dari Japanese pop; bahasa Indonesia: musik pop Jepang) adalah istilah yang digunakan untuk musik populer Jepang yang memasuki arus utama musik Jepang pada tahun 1990-an. Istilah J-pop digunakan untuk membedakannya dari enka dan musik rakyat min'yō. "J-pop" modern berakar dari musik tahun 1960-an seperti yang dimainkan The Beatles,[1] dan menggantikan kayōkyoku (musik pop Jepang hingga 1980-an) dalam dunia musik Jepang.[2] Istilah J-pop diciptakan media massa Jepang untuk membedakannya dari musik asing, dan sekarang merujuk kepada hampir semua musik populer di Jepang. Menurut data tahun 2006 dari International Federation of the Phonographic Industry, industri musik Jepang memiliki industri musik terbesar nomor dua di dunia, dan hanya berada di bawah Amerika Serikat.[3]
Selain J-pop, masih adalah istilah lainnya seperti "J-Rap", "J-Rock", yang merujuk kepada sejenis aliran musik Jepang secara spesifik. Meskipun begitu, aliran-aliran tersebut juga dianggap sebagai bagian dari J-pop.
Beberapa artis atau kelompok vokal J-pop, di antaranya:

Referensi

  1. ^ (Jepang) "究極のビートルズ来日賞味法! ビートルズが日本に与えたもの". Oricon. 21 Juni 2006. Diakses pada 9 Januari 2009.
  2. ^ (Jepang) "J-POPって何だろう?そして今、改めて歌謡曲の魅力とは?". Chūkyō Television Broadcasting. 3 April 2008. Diakses pada 30 Oktober 2009.
  3. ^ "America's Top Pop Imports". Forbes. 26 Februari 2008. Diakses pada 12 Januari 2009.

Lihat pula

Tidak ada komentar:

Posting Komentar